Sabtu, 14 Mei 2011

Puisi "BURUNG-BURUNG DI ATAS KABAH" | Karya Anwari WMK

Puisi Karya
Anwari WMK

BURUNG-BURUNG DI ATAS KABAH

Di sini waktu berhenti mengalir, burung-burung berterbangan di atas Ka'bah mengiringi ribuan manusia bertawaf sepanjang saat. Burung-burung itu senandungkan keindahan lagu tentang manusia yang musti sampai di tapal batas pencarian: menemukan jalan pulang kembali kepada dirinya yang hakiki.

Segenap tapal batas waktu lalu meleleh. Siang meleleh. Malam meleleh. Di Ka'bah itu manusia mengalir, berputar, sepanjang waktu bersama burung-burung yang terus bersiul, tiada henti. Waktu sungguh telah meleleh.

Tapi tiba-tiba seekor jangkrik merayap di pinggiran jauh pelataran Ka'bah sejurus arah Multazam, berjingkrak di antara hamparan sujud yang sempit. Dua orang jamaah mengusir jangkrik itu agar tak mengganggu sujud yang hendak dihamparkan segera.

Jangkrik itu lalu berlalu dari pandangan manusia. Tapi ia segera ceritakan kepada burung-burung yang tiada lelah terbang di atas Ka'bah. Berkatalah jangkrik itu: "Tak setiap manusia yang lebur dalam tawaf menemukan jalan dalam dirinya, jalan pulang mencapai kesejatiannya yang hakiki."

Dan burung-burung takzim mendengar cerita jangkrik itu.

Mekkah, 8 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar