Senin, 08 Agustus 2011

Puisi "KESAKSIAN" | Karya Anwari WMKWMK

Puisi Karya
Anwari WMK

KESAKSIAN

sejak beribu tahun lampau ruhku telah diajarkan angin musim memahami makrifat ihwal Engkau bersemayam pada segenap relung hati manusia. sebab, Engkau memang dekat, dekat dan teramat dekat dengan seluruh getar-gemetar batin manusia. pada setiap diri manusia berjasad fana terbentang hamparan luas di hatinya untuk Engkau bertahta dengan membawa serta suara-suara keabadian.

tapi aku pun musti memberi kesaksian: tentang Engkau dalam hati manusia, tersia-siakan oleh barisan kehendak daif termabukan oleh tarian sahwat yang ganjil. dulu angin musim memintaku, agar aku menuliskan seluruh kesaksian itu dalam berjuta lembar kertas, betapa sesungguhnya naif nanusia. aku menolak permintaan angin musim, sebab sendiri aku takkan mampu memahamkan manusia dengan segenap kerlap-kerlip kepelikannya. bukankah aku juga daif dalam sapuan warna manusia?

pada malam ramadhan bersama rembulan separuh sempurna, angin musim kembali memintaku menorehkan kesaksian demi kesaksian. aku tak mampu menyanggupinya, meski jari-jemariku sontak menggenggam pena bergerak liar di semesta hamparan kertas menorehkan segala ihwal mengapa manusia melawan hatinya sendiri dan lalu meninggalkan Engkau dan manusia pun berputar-putar dalam labirin kebingungan tak berbatas.

angin musim pun lantas berkata: "selamat datang di relung-relung kesaksian, semoga setiap kata tertorehkan bersama cahaya memancar dari kitab keabadian".

jakarta, ramadhan 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar